STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMA, MA,
SMALB, SMK DAN MAK
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam
kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu
kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya
peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama
dalam kehidupan setiap pribadi menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh
melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun
masyarakat.
Pendidikan agama
dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar
menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia. Akhlak mulia mencakup
etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi
spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan,
serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan
potensi spiritual tersebut pada akhirnya
bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki
manusia yang aktualisasinya mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama
Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia
dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan
berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil,
berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif,
baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya
standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan
ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama
Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman,
takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan,
khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti
itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang
muncul dalam pergaulan masyarakat baik
dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik
diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku
terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua
siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian
tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama
Islam di SMA/MA bertujuan untuk:
- menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
- mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama
Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan
manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan
manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
|
1.1 Membaca
QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2 Menyebutkan
arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3 Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30,
Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
|
2. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1 Membaca
QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.2 Menyebutkan
arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.3 Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163
dan Al-Bayyinah; 5.
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya
dalam Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.2 Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku
husnuzhan.
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku
husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah
ibadah.
|
5.1 Menyebutkan
pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
5.2 Menjelaskan
pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3 Menerapkan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Makkah.
|
6.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
6.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
|
Kelas
X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al
Qur’an
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Demokrasi
|
7.1 Membaca
QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2 Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS
Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Aqidah
8.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
8.1 Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada malaikat.
8.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3 Menampilkan
perilaku sebagai
cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1 Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima
tamu.
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan
sehari-hari.
|
10. Menghindari Perilaku Tercela
|
10.1 Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2 Menyebutkan
contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.3 Menghindari
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
11.1 Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
11.3 Menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
12.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan
strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
|
Kelas
XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
||
1. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1
|
Membaca QS. al
Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
1.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
|
1.3
|
Menampilkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir
: 32
|
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
|
2.1
|
Membaca Qs. al
Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
2.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
2.3
|
Menampilkan
perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27
dan QS. al Baqarah : 177
|
|
Aqidah
|
||
3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul
Allah
|
3.1
|
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah
|
3.2
|
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
|
3.3
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
||
4. Membiasakan berperilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan
pengertian taubat dan raja’
|
4.2
|
Menampilkan
contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
|
|
4.3
|
Membiasakan
perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Fiqih
|
||
5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
|
5.1
|
Menjelaskan
azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
|
5.2
|
Memberikan
contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
|
5.3
|
Menerapkan
transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
||
6. Memahami perkembangan Islam pada abad
pertengahan (1250 – 1800)
|
6.1
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
6.2
|
Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Kelas
XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al
Qur’an
|
||
7.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
7.3
|
Membiasakan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al
Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
|
Aqidah
|
||
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab
Allah
|
8.1
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah
|
|
Akhlak
|
||
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku menghargai
karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan contoh perbuatan dosa
besar
|
|
10.3
|
Menghindari perbuatan dosa besar
dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Fiqih
|
||
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang
pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah
|
11.2
|
Memperagakan tatacara pengurusan
jenazah
|
|
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan pengertian khutbah,
tabligh dan dakwah
|
12.2
|
Menjelaskan tatacara khutbah,
tabligh dan dakwah
|
|
12.3
|
Memperagakan khutbah, tabliqh dan
dakwah
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
||
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang)
|
13.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam
pada masa modern
|
13.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern
|
Kelas
XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al
Qur’an
|
||
1.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang
anjuran bertoleransi
|
1.1
|
Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus
: 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Kafirun,
QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
1.3
|
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
|
2.1
|
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan
QS. Al Jumuah : 9-10
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah
: 11 dan QS. Al Jumuah
: 9-10
|
|
2.3
|
Membiasakan
perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
Aqidah
|
||
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
3.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Hari Akhir
|
|
3.3
|
Membiasakan perilaku menghargai
karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
||
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian adil, ridha
dan amal shaleh
|
4.2
|
Menampilkan contoh perilaku adil,
ridha dan amal shaleh
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku adil, ridha
dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Fiqih
|
||
5. Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum
perkawinan dalam Islam
|
5.2
|
Menjelaskan hikmah perkawinan
|
|
5.3
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
||
6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
Indonesia
|
6.2
|
Menampilkan contoh perkembangan
Islam di Indonesia
|
|
6.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di Indonesia
|
Kelas
XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al
Qur’an
|
||
7.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang
pengembangan IPTEK
|
7.1
|
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS Yunus : 101
dan QS. al Baqarah : 164
|
|
7.3
|
Melakukan
pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah
: 164
|
|
Aqidah
|
||
8. Meningkatkan
keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
|
8.1
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada Qadha’ dan Qadar
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Qadha’ dan Qadhar
|
|
Akhlaq
|
||
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud
persatuan dan kerukunan
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku
persatuan dan kerukunan
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan
|
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
10.2
|
Menjelaskan contoh perilaku
Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
|
10.3
|
Menghindari perilaku Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
||
11. Memahami
Hukum Islam tentang Waris
|
11.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
|
11.2
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan
hukum Waris
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
||
12. Memahami perkembangan Islam di dunia
|
12.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
dunia
|
12.2
|
Menampilkan contoh perkembangan
Islam di dunia
|
|
12.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di dunia
|
E. Arah Pengembangan
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut
oleh Departemen Agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar